13 August 2009

waaah... hujan meteor..

Hujan meteor Perseid yang dinantikan pecinta langit di dunia telah tiba. Warga Indonesia juga bisa menyaksikannya, meski kurang jelas pada Kamis (13/8) dini hari hingga subuh.

"Kemungkinan bisa diamati tapi agak sulit di Indonesia karena Perseid itu hujan meteor di langit utara," ujar peneliti utama Astronomi-Astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin, saat dihubungi detikcom, Rabu (12/8/2009).

Pengamatan terhadap hujan meteor ini akan lebih baik disaksikan dengan mata telanjang. Penggunaan teleskop tidak akan memuaskan sebab medan pandangnya sempit.

Di luar Indonesia, puncak hujan meteor akan terjadi Selasa tengah malam atau Rabu siang WIB. Akan tetapi masyarakat Indonesia baru bisa mengamatinya Kamis sekitar pukul 01.00 WIB hingga waktu subuh.

"Kalau diarahkan pandangan mulai dari timur laut pada dini hari itu tepat ke arah utara di sana coba lihat ada semacam seperti bintang beralih," ujar Thomas.

Bintang beralih ini belum belum tentu bintang jatuh karena arahnya bisa ke segala arah. "Titik penyebarannya mulai dari Rasi Persius ke arah atas, bisa ke kanan, ke kiri, dan lainnya. Maka itu dinamakan meteor Perseid," jelas Thomas.

Hujan meteor ini hanya berlangsung singkat. Sejak pukul 01.00 hingga subuh, hujan akan terjadi beberapa detik saja. "Penampakannya seperti bintang berpindah, hanya beberapa detik saja kemudian hilang. Kira-kira seperti lontaran," demikian Thomas.

Namun bagi pecinta langit, menunggu 3-4 jam tentunya tak masalah demi momen tahunan ini bukan?

sumber: www.detiknews.com

btw... ada yang berhasil liat gak..??
ada salah satu temen oCha di Facebook, dia bilang punya temen di Medan yang berhasil liat lhoo.. katanya langit di atas rumah berkilat tiap lima menit sekali..
wuiihh... pasti langit jadi berkilauan yaaa.... kuren deh kalo ngebayangin.. apalagi kalo liat langsung? subhanallah.. ^^

No comments: